fantastic four

fantastic four

Kamis, 10 November 2011

Ayo Indonesia Bisa!




            Mungkin gue Cuma ikut-ikutan seru aja sama yang lain, mungkin juga gue cuma nyari sensasi atau ketenaran. Itu sih terserah yang baca. Karena masing-masing individu punya pendapat sendiri. Namun semua itu tidak. Ini adalah tulisan tentang apa yang gue liat selama ini. Tentang olahraga, masyarakat, dan Indonesia.
            Ayo Indonesia Bisa!. Slogan dari sea games ke-26 tahun ini. Kata yang simpel, mengingat Indonesia adalah tuan rumahnya. Tapi maknanya daleeem banget. Secara tidak langsung gue menyimpulkan kata-kata itu. “Indonesia yang sedang terpuruk prestasinya di seru oleh rakyat Indonesia untuk mengangkat martabat bangsa yang sedang goyah”. Lebay?. Memang itu kenyataannya. Rakyat haus akan kebaikan. Indonesia menjadi peringkat ‘atas’ di beberapa kasus kebobrokan, namun selalu tenggelam di dasar klasemen untuk beberapa masalah kebaikan. Kejam sekali. Namun, kembali itu adalah kenyataan.
            Ayo Indonesia Bisa!. Bukan kata biasa. Bukanlah kata yang sedikit makna. Namun esensi sebenarnya adalah dukungan bangsa yang sedang ‘sakit’ untuk kembali membuka asa menjadi bangsa yang baik. Luapan emosi, kesedihan, perjuangan, air mata, darah, dan sebagainya untuk melihat sekali lagi bangsa ini Berjaya. Seperti di film Gladiator. Ketika raja Commodus sedang berbicara pada dewan. ‘rakyat adalah penonton, beri mereka pertunjukan yang bagus. Maka mereka akan senang’ (kurang lebih seperti itu). Rendah?. Tidak. Ini hanya makna sedikit tentang rakyat. Mereka cerdas. Mereka memilih tontonan yang baik. Ketika harapan mereka akan tontonan tersebut terwujud. Mereka akan senang. Dan mereka memang memilih tontonan yang baik. Itu adalah kalian, wakil garuda.
            Untuk wakil garuda. Pernahkah kalian berfikir?. Menyadari lebih tepatnya. Mereka mengelu-elukan kalian untuk apa?. Bukan untuk ketenaran kalian. Bukan pula untuk profit kalian. Apalagi untuk memuji petinggi organisasi olah raga. Namun mereka sudah bosan. Bosan melihat mereka yang diperbudak jabatan mengeruk keuntungan, ditangkap, lalu dengan sedikit harta kerukan, bebas. Tuan-tuan dan nyonya-nyonya terpilih bertarung tanpa alasan jelas. Yang ingin membongkar kebenaran takut. Takut akan kebenaran yang diketahui karena terancam hidupnya. Pernahkah kalian menyadari?. Karena kalian rakyat berkumpul. Karena kalian mereka rela untuk menunggu kabar tentang kalian. Rela duduk beratap langit untuk menonton kalian. Rela tuk bersusah-payah pulang lebih cepat tuk menonton kalian. Rela tuk berdesak-desakan membeli tiket pertandingan untuk kalian. Rela menutup warung lebih cepat tuk sekedar memberi doa tuk kalian. Pernahkah kalian menyadari?. Betapa besar harapan rakyat yang mereka titip kepadamu?.
            Jangan jadikan tulisan ini alasan kalian untuk minder kawan. Jadikan ini booster semangat kalian tuk meraih kemenangan. Amanah kalian memang besar. Sangat besar bahkan. Namun, buat kami bangga. Buat kami bisa ikut merasakan nikmatnya kemenangan. Jangan fikirkan profit. Jangan pikirkan ketenaran. Kalian berhasilpun keduanya akan ikut beriringan. Hey wakil garuda, kami titip harapan kami kepundakmu. Jadikan garuda terbang tinggi kembali. Jadikan kami bangga kembali akan bangsa ini. Ayo Indonesia Bisa!. Kami akan mendukungmu.
            Sengaja ini gue tulis pada tanggal 10 november. Agar semangat para pahlawan dapat mengalir juga ke semangatmu wahai wakil garuda. Jangan biarkan pahlawan menangis sedih disana. Berilah mereka sedikit tawa ditengah badai keburukan yang melanda bangsa. Ayo Indonesia Bisa!.

Ayo Indonesia Bisa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

moga dapet pahala yang koment....