fantastic four

fantastic four

Kamis, 13 Oktober 2011

ketika anugrah tidak dipergunakan dengan bijak


Mungkin masih indah. Tapi 10 tahun lagi?


Bali…
Siapa sih yang ga tau bali di Indonesia bahkan di dunia ini? Norak aja yang ga tau. Kaya di iklan tukul, ‘ga tau bali (aslinya sih internet), NDESO!!’. Hha, ngakak gua liat tuh iklan. Sumpah, pas tau gua bakal dikirim ke bali nanganin proyek disana, Gila!!! Sumpah gua kaga nolak. Selain emang belon pernah ke bali, gua juga mau memperpanjang perjalanan gua ke luar provinsi Jakarta. Semua provinsi jawa udah gua injek. Sumatra baru lampung, Bengkulu, sama Sumatra barat. it’s new problem man, do it. Langsung aja gua setuju.

Pertama gua liat bali secara langsung, ketika gua masih di dalam pesawat saat mau landing (mendarat cuy). Bandara ngurah rai ada di pinggir laut. Birunya laut langsung menghipnotis gua. What a good view.
mantap cuy

Dan gue langsung meyakini pikiran gue saat itu, ‘ Bali adalah refleksi sesungguhnya dari kata indah

Sumpah gua ga nyesel dikirim ke sini. Hahahaha

Untuk seminggu pertama, ga ada kata bosen dari pikiran gua. Segala sesuatunya wahh…

Tapi, setelah itu. Hal yang gua benci itu muncul. Bosen coy. Gila, kaga ada yang nongkrong kecuali orang mess, sepi, lampu jarang. Masa jam 8 malem udah kaga ada yang berkeliaran. Gila.

Setiap hari minggu gua jalan2 keliling bali. Mulai pantai jimbaran, kuta, sampai pantai geger (depan proyek). Mata gua ga kedip waktu pertama gua liat tuh 3 pantai. Waaawww… bosen gua ilang cuy.

Berjalan melangkah bersama orang mess, gue telusuri tuh 3 pantai. Gila indah banget.
jimbaran

kuta


geger


Beruntungnyaaa….

Tapi keindahan ini ga sebanding dengan perawatan dari masyarakat terhadap alam.
Salah satu tweet dari Ari Astina @JRX_SID:

Alam bali rusak? Gua katakan iya. Tapi foto diatas?. Itu sekarang. 10 tahun lagi?. 15-20 tahun lagi?. Mungkin kata ‘paradise island’ ga ada lagi. Sadar coy. Alam ini rusak.  Tri Hita Karana adalah konsep hubungan manusia dengan sesama, alam, dan tuhan. Jika hubungan kita baik dengan manusia serta tuhan, namun dengan alam tidak baik, tuhan dan manusia yang sadar akan memusuhi kita.
Jangan liat mataharinya, tapi liat terumbu karang yang hanyut terbawa arus.

Yang gua tau, bali indah karena masyarakat yang ramah dan alamnya yang indah. Tapi keduanya mulai rusak. Alamnya sudah rusak, pembangunan hotel yang terlalu banyak yang menurut gua ga perlu.

Tapi masyarakatnya terutama para petinggi tidak menghiraukan itu. Bos, kalo bukan kita yang ngerawat alam, siapa lagi?. Kehidupan masyarakat udah kaya bule yang dateng kesini. They are in holyday man, what the f**k. sadar coy.

Sumpah ni gua ga boong, waktu lagi nulis ni artikel, terjadi gempa yang lumayan gede di sini. This is alert. Jangan sampe kita jadi generasi masalah, bukan generasi solusi.
 
teripang yang malang, mati hanyut terbawa ombak...

3 komentar:

  1. Kebanyakan kata "gila" dan "coy". Perlu nambah kosa kata, Dol, biar lebih kaya bahasanya. But, nice thing you've started. Moga rajin nulis ye :)

    BalasHapus
  2. widih... baru di edit nih blog kayanaya... masih bau cet.. haha

    BalasHapus
  3. kan abang sendiri yang bilang (nulis sih) kalo nulis iru from culture
    nah budaya priok kaya gitu bang
    hha becanda, ntar ane bantai lagi
    ups

    kaga, bosen aja sama editan yang lama. hha

    BalasHapus

moga dapet pahala yang koment....